6 Jenis Martabak Nusantara, Satu Berasal dari Banyuwangi

martabak
Terang bulan dan martabak menjadi kuliner ramah dan banyak ditemukan di Banyuwangi.

Banyuwangi Pedia– Hallo apa kabar pecinta kuliner Nusantara. Gimana sudah kulineran kemana saja hari ini? Yuk simak, ada rekomendasi makanan legendaris buat para pencinta kuliner.

Seperti yang telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia terdapat beragam jenis martabak di Indonesia. Mulai dari rasanya manis sampai gurih, ada yang bentuknya tebal maupun tipis. Kali ini Banyuwangi Pedia ingin mengenalkan macam-macam martabak nusantara yang wajib dicoba. Berikut beberapa martabak yang bisa ditemukan di Indonesia:

1. Martabak manis

Martabak manis atau disebut juga terang bulan, makanan penutup yang biasanya tebal dan empuk. Martabak bundar ini punya beragam topping, paling umum adalah kacang tanah sangrai dan meses cokelat. Namun, dewasa ini semakin banyak martabak manis topping kekinian. Beberapa di antaranya Nutella, Ovomaltine, Toblerone, Oreo, marshmallow, dan durian. Selain topping, martabak kekinian juga punya varian adonan. Sebut saja original, red velvet, green tea, hitam, dan pandan.

2. Martabak telur

Selain manis, ada pula martabak telur yang rasanya gurih. Konon, martabak telur mendapat pengaruh dari budaya India. Kulit martabak telur terbuat dari adonan tepung elastis bulat. Penjual akan memipihkan adonan tersebut sampai tipis. Baru diberi isian campuran telur, daging cincang, dan daun bawang. Biasanya martabak telur disajikan dengan acar timun, cabai hijau, maupun cuka hitam. Kamu dapat menjadikan martabak telur sebagai camilan maupun lauk makan.

3. Martabak Piring

Biasanya martabak manis dibuat dalam cetakan besi. Berbeda dengan martabak piring yang dimasak menggunakan piring seng jadul. Di sinilah letak keistimewaan martabak piring. Terdapat dua jenis martabak piring, tebal dan tipis kering yang bentuknya seperti crepes. Berhubung menggunakan piring, martabak tebal ini tidak sebesar martabak manis pada umumnya. Sementara untuk martabak kering, biasanya adonan yang basah dikeruk sampai tipis. Isiannya serupa dengan martabak manis.

4. Martabak India

Jenis martabak di Indonesia selanjutnya martabak India yang banyak ditemukan di Medan. Martabak ini biasanya dijual oleh keturunan India di Medan. Martabak telur ini spesial karena mecampur rempah khusus yang dominan dalam adonannya. Selain itu, biasanya disantap dengan saus kari dan acar.

5. Martabak Kubang Mesir

Martabak kubang mesir bentuknya sama dengan martabak india, tetapi ukurannya lebih tebal. Sementara isian dan rempahnya tidak jauh berbeda. Namun, rempah martabak india lebih dominan daripada martabak kubang mesir. Walaupun memiliki nama ‘mesir’, tetapi martabak kubang berasal dari Sumatera Barat. Martabak kubang mesir biasanya kulit martabak di bagian dalam, dilapisi dengan telur, sedangkan martabak kubang saja sebaliknya. Kulit di luar, dengan campuran telur di bagian dalam. Lazimnya, martabak kubang mesir dinikmati dengan cuka campur acar dan cabai rawit. Berbeda dengan martabak telur biasa, acar dan cabai rawit terpisah.

6. Martabak Aceh

Berikutnya ada martabak aceh yang biasanya dijual di rumah makan khas Aceh. Bentuk martabak aceh ini berada di tengah antara martabak india dengan martabak kubang. Tidak terlalu tebal maupun tipis. Bagian telur martabak aceh berada di luar, rasa rempahnya terbilang dominan. Nikmati martabak aceh dengan kari kambing kental dan acar bawang merah.

Dari beberapa jenis martabak yang ada, ada salah satu jenis martabak yang hanya dapat dijumpai di Banyuwangi tepatnya, yakni martabak Darplok. Nama Darplok sendiri yakni merupakan singkatan dari dadar (telur tercampur/diaduk) ceplok(mata sapi), pilihan saat martabak akan dibuat. Tidak hanya menu dadar atau juga ceplok saja yang dapat dinikmati, namun banyak varian rasa martabak darplok seperti varian dengan jamur, sosis, dan juga ayam.

Martabak Darplok yang paling banyak dijumpai di Banyuwangi yakni terdapat di Kecamatan Rogojampi. Jangan lupa untuk memasukkan martabak Darplok ke dalam list saat kalian berkunjung ke Banyuwangi ya guys, dijamin bakalan ketagihan akan rasa nikmat perpaduan asin, gurih, dan pedas yang terdapat dalam martabak Darplok itu sendiri. (***)