Apa Saja Tugas Marinir? Ulasan Khusus Pasukan Elit Intai Amfibi

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Pasukan Korps Marinir merupakan satuan elit di kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut. Perlu latihan khusus untuk bisa menjadi bagian dari pasukan ini.

Hanya para prajurit dengan kemampuan tertentu yang mampu mengikuti satuan ini. Terlebih lagi dengan satun Intai Amfibi (Taifib) merupakan satuan elit Korps Marinir.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui, Intai Amfibi Marinir atau sering disebut Taifib adalah satuan elit dalam Korps Marinir yang memiliki spesialisasi dalam operasi Pengintaian Amfibi (Amphibious reconnaissance) dan Pengintaian Khussus (Special reconnaissance). Dulu, satuan ini dikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi).

Untuk menjadi anggota Taifib, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Salah satu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 km. Dari satuan ini kemudian direkrut lagi prajurit terbaik untuk masuk kedalam Detasemen Jala Mengkara, pasukan elitnya TNI Angkatan Laut.

Sedangkan Kopaska adalah Komando Pasukan Katak Angkatan Laut atau lebih dikenal dengan sebutan Puskopaskal adalah unit pasukan penyelam (Manusia katak) dan Peledakan (demolisi) dari TNI AL.

Itulah sedikit perbedaan antara dua pasukan yang berada dalam naungan TNI AL namun beda satuan. (BP/ Ndy)

Pos terkait