Aturan Baru PPKM Jawa-Bali

PPKM
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di sejumlah titik untuk mengejar target vaksinasi 70 persen. Banyuwangi masih berada di PPKM Level 2.

Banyuwangi Pedia– Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang, namun pemerintah memberikan kelonggaran sejumlah aturan karena status Covid-19 mereda.

Perpanjangan PPKM mulai 19 Oktober hingga 01 November 2021 atau dua pekan lamanya. PPKM tetap diperpanjang karena masih ada kasus penularan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Tapi, kasus penularan Covid-19 semakin hari semakin berkurang. Oleh karena itu, bersamaan dengan PPKM yang diperpanjang, beberapa aturan dilonggarkan.

Pemerintah menyampaikan bahwa kasus Covid-19 terus mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari angka kasus aktif dan kasus kematian yang menurun.

Dikutip dari akun resmi @jatimpemprov level wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali tercatat sebanyak 9 Kabupaten/Kota pada level 2 dan 7 Kabupaten/Kota pada level 1, Selasa (19/10/2021).

Berdasarkan capaian tersebut, pemerintah melakukan pelonggaran aturan selama PPKM berlangsung. Pelonggaran aturan yang diberikan sampai 1 November mendatang mengutamakan pada sektor pariwisata.

Beberapa pelonggaran aturan yang diberlakukan selama PPKM Jawa dan Bali sebagai berikut:

1. Tempat permainan anak di mall dapat dibuka kembali pada level 1 dan 2.
2. Kapasitas bioskop menjadi 70 persen dan memperbolehkan anak-anak untuk masuk pada level 1 dan 2.
3. Sopir logistik yang sudah divaksin dua kali, dapat menggunakan tes antigen dengan masa berlaku 14 hari untuk perjalanan domestik pada level 1, 2 dan 3.

Meski beberapa pelonggaran aturan dilakukan, perlunya kewaspadaan terhadap gelombang penyebaran Covid-19 selanjutnya. Mengingat pada akhir tahun akan ada perayaan natal dan tahun baru yang dapat memicu mobilitas dan penyebaran virus Covid-19.

Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga imunitas tubuh agar terhindar dari penyebaran Covid-19 yang belum usai.