Bahasa Indonesia jadi Bahasa Kedua di Vietnam? Ini Faktanya

Bahasa Indonesia
Tangkapan layar YouTube @Fouly Channel membahas bahasa Indonesia di Vietnam

Banyuwangi Pedia – Bahasa Indonesia makin di kenal di negara lain. Sampai ada yang mengatakan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Vietnam. Tapi apakah betul demikian?

Mengutip dari YouTube Fouly Channel, perbincangan antara mahasiswa Mesir yang kuliah di Indonesia dan dosen asal Vietnam menuai fakta. Dari informasi itu, banyak ketidaksesuaian fakta penggunaan bahasa Indonesia menjadi bahasa sehari-hari di Vietnam.

Pasalnya, hingga saat ini warga Vietnam belum banyak yang bisa berbahasa Indonesia. Melainkan, mereka hanya belajar bahasa Indonesia melalui studi kampus maupun lembaga yang membuka kursus.

“Saya juga mendengar tentang berita itu, tapi saya pikir ada sedikit kesalahan pahaman. Jika betul itu, Bahasa Indonesia diangkat menjadi bahasa Asing diajarkan di kampus saya (Vietnam),” kata Ho Ngoc Hieu atau kerap disapa Hendri ini.

Jadi, kata Hendri, bahasa resmi Vietnam menggunakan bahasa Indonesia itu belum tepat. Karena, penduduk mayoritas belum bisa berbahasa Indonesia.

“Kalau orang yang belajar bahasa Indonesia memang semakin meningkat. Dulu waktu angkatan saya hanya 20 orang, tapi sekarang sudah mulai bertambah tiap tahun 25 sampai 35 mahasiswa yang studi bahasa Indonesia,” terangnya.

Hendri tak menampik jika bahasa Indonesia makin dibutuhkan di negaranya. Karena ada beberapa kepentingan yang mendukung untuk menggunakan bahasa Indonesia.

“Banyak investor yang membuka bisnis sehingga butuh orang yang bisa berbahasa Indonesia, kita tahu di Vietnam itu juga banyak destinasi wisata yang bagus, sehingga kalau ada wisatawan dari Indonesia juga butuh pemandu wisata,” katanya.

Terlebih, hubungan diplomatik Vietnam dan Indonesia makin erat. Sehingga membuka jalan bagi masyarakat kedua negara untuk saling mencari tahu seluk beluk keduanya. (BP/Ndy)