Emak-emak Angkat Skop Bantu Sukseskan TMMD 111 Banyuwangi

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Sejak pagi lima orang emak-emat berdaster tampak berjajar rapi di tepian sawah. Sungguh pemandangan yang tidak biasa, karena di samping terdapat sejumlah anggota TNI Angkatan Darat.

Bukan maksud menjadi buruh atau mengerjakan sesuatu di lahan sawah. Tapi, emak-emak ini justru tampak asyik berbaur dengan para lelaki berseragam doreng.

Bacaan Lainnya

Gayeng terlihat percakapan antar kedua belah pihak. Obrolannya tak jauh dari pekerjaan seorang ibu sebagai asisten rumah tangga di rumah.

Namun ada hal yang aneh. Emak-emak memakai daster lalu mengambil skop dan cangkul. Mengeruk gundukan pasir dan tanah di jalanan ke atas kereta dorong sebagai dasar menata paving block.

“Saya sering menanam sayur di pekarangan rumah, kesawah membantu suami, jadi kalau sekedar nyangkul, nyekop saya sudah sering itung-itung olahraga pagi,” ungkap Sumiarsih salah seorang emak-emak disambut gelak dan tawa, Senin (7/6/2021).

Para anggota TNI pun tak tinggal diam, membiarkan emak-emak beraksi. Mereka seolah tak mau kalah walau hanya di medan sawah.

Perjuangan emak-emak membantu TNI AD ini merupakan bagian dari operasi bakti Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 111 Banyuwangi. Kali ini lokasi bakti karya berada di Dusun Krajan, Desa Kebaman, Kecamatan Srono.

“Luar biasa ibu-ibu ini, pagi-pagi sudah ada di lokasi dan ikut membantu pekerjaan kami, pekerjaan ini cukup berat jika dilakukan seorang perempuan, tapi mereka hanya membantu semampunya sebagai gambaran dimana warga Kebaman sangat antusias dengan TMMD ini,” ungkap Serka Suwaji anggota Kodim 0825/Banyuwangi.

Apresiasi tinggi bagi warga yang telah membantu mensukseskan operasi bakti TMMD 111 Banyuwangi tahun ini. Karena dampak dan manfaat positif sepenuhnya akan kembali bagi mereka. (dri)

Pos terkait