Generasi Milenial Bahu Membahu Sukseskan Vaksinasi

Banyuwangi Pedia – Pemerintah membutuhkan peran penting masyarakat dalam rangka mensukseskan program vaksinasi di Negara Indonesia tercinta ini. Kedua belah pihak harus saling bahu membahu dalam menggencarkan program vaksinasi ini.

Terlebih, generasi muda Indonesia atau generasi milenial yang membawa peranan penting dalam program vaksinasi. Peranan milenial sangat dibutuhkan dalam berbagai hal.

Bacaan Lainnya

Contohnya, peran penting dalam memberikan sebuah penjelasan kepada kaum manula yang awam tentang berita bohong atau hoax yang hilir berdatangan tiada henti. Kendala yang paling serius, yang terjadi adalah kaum lansia sangat mudah terprovokasi oleh hoax.

Sehingga menjadikan para lansia tidak ingin divaksin. Di sinilah para milenial berperan aktif, menjelaskan kebenaran dari adanya berita-berita hoax yang berdatangan tiada hentinya.

Mereka dapat menjelaskan ini dengan memberikan sosialisasi melalui berbagai media atau pertemuan secara langsung. Mereka memberikan pencerahan mengenai vaksinasi aman dan tidak bermasalah.

Tidak hanya itu, para milenial juga wajib melakukan vaksin, guna membuat kekebalan tubuh semakin terjaga. Karena, para milenial lah yang sering beraktivitas keluar rumah, dan bertemu dengan banyak orang di luar rumah.

Saat kembali ke rumah, ada keluarga yang menanti mereka. Maka, para milenial harus menjaga dirinya dan menjaga setiap anggota keluarga, termasuk manula di dalam keluarganya yang rentan terhadap virus Covid-19.

Dalam memberikan penjelasan atau edukasi mengenai vaksin, manfaat serta efek sampingnya tidak lupa pula harus menjelaskan tentang dampak pasca vaksinasi. Karena, setelah vaksin tidak menjamin warga tidak akan terpapar virus covid-19.

Mereka perlu memberikan pengertian terkait penerapan protokol kesehatan terutama 5M. Yakni, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilitas.

Meskipun saat ini Indonesia berada pada zona aman, tingkat kesembuhan meningkat dan tingkat kematian akibat Covid-19 menurun, bukan berarti perjuangan telah usai. Namun harus tetap menjaga diri, jangan lengah, dan tetap menerapkan prokes 5M dengan ketat agar Indonesia kembali pulih dalam segi kesehatan, sosial, dan ekonominya. Dengan kekompakkan inilah, bangsa ini mampu melewati ujian terberat ini. (***)