GP Ansor dan Banser Banyuwangi Upacara, Warga Ikut Hormat

  • Whatsapp
Merah putih
Pasukan Barisan Serba Guna (Banser) dan GP Ansor PCNU Banyuwangi menggelar upacara bendera peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan RI. (BP/Wfa)

Banyuwangi Pedia – Pagi yang cerah mengawali kegiatan 17 Agustus 2021. Pria berseragam doreng mulai memadati Kantor PCNU Banyuwangi.

Mereka bukan dari aparat TNI atau dari personel empat matra di negeri ini. Melainkan mereka adalah Barisan Serba Guna (Banser) dari PCNU Banyuwangi. Tepat di samping beberapa pasukan itu terselip sejumlah anggota lain dari Gerakan Pemuda Ansor.

Bacaan Lainnya

Tak lama, mereka kemudian membentuk barisan sedikit renggang karena protokol kesehatan mengharukan itu. Komandan barisan menyiapkan mereka dengan penuh serius dan sigap.

Aksi mereka tidak lain adalah untuk melakukan penghormatan bendera merah putih di hari spesial yakni peringatan hari kemerdekaan ke 76 negeri ini Indonesia. Selanjutnya ketemulah saat waktu yang dinanti. Sirene berbunyi, mereka hormat bersama mengarah ke bendera merah putih yang berkibar.

Momen yang sama saat pengibaran bendera di Istana Merdeka di Jakarta. Betul, mereka upacara di sini, tapi momen tetap bersamaan dengan pelaksanaan di istana.

“Untuk upacara tetap kami gelar secara virtual dengan mengikuti secara live dari Istana melalui siaran televisi, ”

“Kami mengikuti secara virtual, tapi tetap menghormat bendera merah putih tidak hormat kearah televisi,” kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor NU Banyuwangi, H.Ikhwan Arief, Selasa (17/8/2021).

Merah putih
Polisi Lalu Lintas Polresta Banyuwangi turut sikap hormat saat pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke 76 RI di depan Kantor PCNU Banyuwangi. (BP/Wfa)

Sinar matahari yang terik tak menghalangi aksi mereka. Bahkan, aksi itu juga didukung oleh sejumlah pengguna jalan yang tepat akan melintas. Mereka berhenti dan turut ikut sikap hormat ke bendera seraya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Haru juga, pas perjalanan ternyata bisa ikut menghormat bendera merah putih walaupun berhenti sejenak,” ujar Ribut Santoso, salah seorang pengendara motor asal Banyuwangi yang kebetulan melintas di depan kantor PCNU Banyuwangi. (BP/Ndy).

Pos terkait