Hari Ini, Beli Tiket KAI Jarak Jauh Wajib Pakai NIK

Keberangkatan kereta api Tawangalun tujuan Banyuwangi - Malang di Stasiun Banyuwangi Kota. (BP/Ndy)
Keberangkatan kereta api Tawangalun tujuan Banyuwangi - Malang di Stasiun Banyuwangi Kota. (BP/Ndy)

Banyuwangi Pedia – Ada penetapan peraturan baru yang dikeluarkan oleh PT. KAI. Bagi kamu yang ingin membeli tiket kereta api, syarat terbaru pembelian tiket yaitu mewajibkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam KTP.

Dikutip dari akun instagram resmi KAI @kai121_, aturan penggunaan NIK untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh akan berlaku mulai hari ini, Selasa (26/10/2021). Penggunaan NIK hanya diperuntukkan kepada Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA), diwajibkan menggunakan paspor.

Bacaan Lainnya

“Railmin ada pengumuman penting nih #SahabatKAI. Terhitung mulai 26 Oktober 2021, pembelian tiket kereta api wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi WNI. Sementara bagi WNA wajib menggunakan nomor paspor,” keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Peraturan tersebut diberlakukan untuk penumpang dewasa maupun anak-anak.  Aturan penggunaan NIK dan paspor ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya penggunaan NIK pada semua sektor layanan publik.

Selain itu, penggunaan NIK dan paspor juga berguna untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan pada pelanggan KAI. Pasalnya, KAI sudah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI. Maka dari itu, data akan otomatis dapat terverifikasi pada saat proses boarding.

Bagi pelanggan yang sudah terdaftar pada program Membership KAI Access serta pelanggan yang memiliki hak tarif reduksi, namun data nomor identitas masih belum menggunakan NIK, maka pelanggan tersebut diminta untuk segera melakukan update melalui Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121 mulai 15 Oktober 2021. (BP/Len)