Intip Gaji Tertinggi Pemimpin Negara se-Asia Tenggara

uang
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Banyuwangi Pedia – Pemimpin negara atau kepala negara, adalah jabatan tertinggi yang diduduki seseorang dalam menjalankan roda pemerintahan di sebuah negara. Lalu, berapa besaran gaji presiden, perdana menteri, raja atau orang nomor satu di sebuah negara tersebut, khususnya di Asia Tenggara.

Pasti banyak yang mengira gaji pemimpin negara sangat besar dan fantastis nominalnya. Simak fakta menarik terkait gaji pemimpin negara di Asia Tenggara

Berikut gaji Kepala Negara di Asia Tenggara.

1. Brunei Darussalam
Brunei Darussalam dipimpin oleh seorang Perdana Menteri yang juga merupakan Sultan negeri itu, Hassanal Bolkiah. Ia menjabat sejak 1984 sampai sekarang. Pendapatan yang diterimanya sebagai PM adalah USD1,9 juta atau setara dengan Rp 27 miliar. Pendapatan sultan negara ininsangat pantas, karena mengingat Brunei Darussalam adalah salah satu negara terkaya di dunia.

2. Filipina
Presiden Filipina mendapat gaji sebesar USD95 ribu atau setara dengan Rp1,3 miliar. Negara Filipina ini dipimpin oleh Rodirgo Duterte dari tahun 2016.

3. Malaysia
Negara Malaysia dipimpin oleh seorang Perdana Menteri (PM). Gaji PM negara itu menyentuh RM100 ribu atau sekitar Rp340 juta per bulannya. Angka tersebut diperbaharui berdasarkan data yang dikeluarkan MACC’s (Malaysian Anti-Corruption Commission’s) atau Komisi Anti Korupsi Malaysia.

4. Kamboja
Negara Kamboja dipimpin oleh Perdana Menteri, Hun Sen mendapat gaji sebesar 10 juta Riel Kamboja per bulan atau Rp34 juta. Namun, baru-baru ini, Hun Sen diberitakan rela menyisihkan pendapatannya guna mengatasi krisis imbas pandemi di negaranya.

5. Laos
Presiden Laos mendapat gaji sebesar USD1.630 atau Rp23,2 juta per bulan. Jumlah itu menjadikannya masuk ke dalam daftar kepala negara dengan penghasilan kecil di dunia, terutama di Asia Tenggara.

6. Indonesia
Negara Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden. Gaji pokok presiden Indonesia sudah diatur dalam UU Nomor 7 tahun 1978 tentang hak keuangan/administratif presiden dan wakil presiden serta bekas presiden dan wakil presiden RI. Di dalamnya, tercatat jika pendapatan presiden adalah 6 kali lipat dari gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden. Presiden Indonesia mendapatkan gaji pokok sebesar Rp. 30.240.000 per bulan.

7. Myanmar
Myanmar memiliki kekayaan alam berupa batu permata, minyak bumi, gas alam, giok, dan mineral lain yang melimpah.Dari kekayaan yang melimpah ini presiden Myanmar memiliki gaji sebesar USD 40.980 atau setara dengan Rp584 juta.

8. Singapura
Perdana Menteri (PM) Singapura mendapat gaji sebesar USD 1.610.000 per tahun atau sekitar Rp22 miliar. Besaran gaji yang didapatkan PM Singapura itu terpantau 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan nominal GDP Singapura.

9. Thailand
Negara Thailand dipimpin seorang Raja sebagai kepala pemerintahan, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn memiliki gaji sebesar USD84 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun.

10. Timor Leste
Presiden Timor Leste yakni Francisco Guterrus Lu Olo yang memperoleh gaji sebesar USD30 ribu atau setara dengan Rp427 juta. Sebagai negara yang baru diakui kemerdekaannya pada 2002, pertumbuhan ekonomi Timor Leste masih terbilang lambat.

11. Vietnam
Kepala negara Vietnam saat ini adalah Presiden Nyuyen Xuan Phuc. Presiden ini memperoleh gaji sebesar USD8.320 USD atau sekitar Rp118 juta. Jumlah ini menjadikan Vietnam masuk ke dalam 10 besar negara dengan gaji kepala negara terbesar se Asia Tenggara. (***)