KA Logawa Beroperasi, Syarat dan Ketentuan Calon Penumpang

Keberangkatan kereta api Tawangalun tujuan Banyuwangi - Malang di Stasiun Banyuwangi Kota. (BP/Ndy)
Keberangkatan kereta api Tawangalun tujuan Banyuwangi - Malang di Stasiun Banyuwangi Kota. (BP/Ndy)

Banyuwangi Pedia – KA Logawa kembali beroperasi pada 29 Oktober mendatang. Beberapa aturan baru diterapkan mengikuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa – Bali.

Perusahaan KAI menghimbau untuk seluruh penumpang KA Logawa patuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Selain itu, penumpang diharapkan untuk melengkapi dan mengecek kembali persyaratan naik kereta jarak jauh.

Bacaan Lainnya

Selain melaksanakan Prokes 3M, penumpang harus memperhatikan ketentuan pembelian tiket dan persyaratan perjalanan saat akan naik KA jarak jauh.

Syarat perjalanan menggunakan KA jarak jauh yaitu pelanggan diharuskan sudah vaksin minimal dosis pertama, bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.

Jika keterangan vaksin tidak muncul di layar komputer petugas boarding, maka selanjutnya akan dilakukan pengecekan secara manual, yaitu dengan menunjukkan bukti print-out sertifikat vaksin kepada petugas boarding.

Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau memiliki penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya, calon penumpang harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Bagi pelanggan usia di bawah 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan jarak jauh.

“Namun demikian, meskipun persyaratan sudah lengkap, apabila saat proses bording dilakukan dan dicek suhu melebihi 37,3 derajat Celsius atau sedang mengalami sakit ( Flu/batuk) pelanggan tersebut tidak dapat melanjutkan perjalanan dan tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian 100% sesuai harga tiket diluar biaya pemesanan, “ kata Broer selaku Vice President Daop 9 Jember.

Pelanggan KA juga dapat melakukan rapid test di Stasiun, cukup dengan membayar Rp. 45 ribu. “Layanan rapid test ini tersedia di Stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalistail, Jember dan Probolinggo,” lanjutnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kembali KA reguler, calon penumpang dapat menghubungi contact senter KAI melalui telpon (021) 121, email cs@kai.id, atau media sosial kai121. (BP/Ndy/Len)