Kejar Target, BIN Kolaborasi Dinkes Banyuwangi Gencar Vaksinasi

Vaksinasi BIN
Anggota BIN di Banyuwangi meninjau pelaksanaan vaksinasi warga. (***)

BANYUWANGI – Badan Intelejen Negara (BIN) bersama Dinas Kesehatan Banyuwangi mengejar capaian vaksinasi. Kolaborasi ini menjadi upaya untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal di kalangan warga Banyuwangi.

“Pendampingan vaksinasi yang kita lakukan secara serentak diseluruh puskesmas Kab. Banyuwangi dilaksanakan setelah adanya distribusi vaksin dari Dinas Kesehatan Kab. Banyuwangi,” ucap Fajar personel BIN yang bertugas Di Banyuwangi, Kamis (23/12/2021).

Bacaan Lainnya

Pendampingan vaksinasi ini menjadi langkah nyata BIN hadir di tengah masyarakat. Sekaligus berperan dalam mengantisipasi Covid 19 varian terbaru.

“Vaksinasi di Kabupaten Banyuwangi ini kita pastikan terlaksana di 45 Faskes di Kabupaten Banyuwangi terlebih dengan adanya Varian Virus baru yang mengancam sehingga Herd Immunity harus tercapai,” tambahnya.

Sejauh ini, animo warga Banyuwangi untuk mendapatkan vaksinasi cukup tinggi. Sehingga data terkini warga yang telah mendapat vaksin saat ini mencapai lebih dari 78 persen.

Mengacu data dari dinas Kesehatan Provinsi Jatim, per 13 Oktober 2021 capaian vaksinasi covid 19 dosis 1 di Banyuwangi sebesar 78,34 persen. Sementara untuk dosis 1 di lansia sebesar 70,99 persen.

“Minggu kemaren banyak masyarakat yang akan melaksanakan Vaksin kita tolak karena vaksin belum tersedia,” ungkap Lisa salah satu Nakes yang bertugas di Puskesmas Kelir.

Hingga kini, distribusi vaksin di Banyuwangi cukup banyak. Pihaknya berharap, seluruh masyarakat dapat dilayani.

“Harapanya Akhir tahun 2021 herd Immunity masyarakat Kabupaten Banyuwangi bisa tercapai agar perekonomian bisa kembali membaik. Terbukti dengan gencarnya pelaksanaan Vaksinasi dalam 2 minggu trerakhir tidak terdeteksi adanya penyebaran Covid 19 di wilayah Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya. (***)