Kenali Tanda-tanda Akan Terjadi Tsunami

  • Whatsapp
Tsunami
Ilustrasi ombak laut saat terjadi tsunami. (bp/ndy)

Banyuwangi Pedia – Banyak kejadian bencana alam seperti tsunami di daerah sekitar. Apalagi, Indonesia negara kepulauan yang berada di lempeng Eurasia, ini berpotensi besar terjadi pergeseran lempeng hingga menyebabkan gempa dan tsunami.

Belum lagi, akhir-akhir ini di beberapa daerah sudah banyak yang merasakannya. Terakhir gempa besar melanda di Pulau Jawa, tepatnya di Malang, Blitar dan Lumajang serta daerah sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Semua terjadi dengan didahului getaran gempa yang cukup kencang hingga menimbulkan kerusakan materiil. Meskipun tidak terjadi tsunami.

Sejumlah tsunami dahsyat terjadi di Indonesia, misalnya di Aceh, Pantai Pangandaran Jawa Barat, ataupun bencana likuifaksi yang terjadi di Sulawesi. Namun, kali ini tidak membahas yang terakhir.

Tetapi, mari bersama mengajak mengenali tanda-tanda akan terjadinya tsunami. Lets Check it Out.

Ada banyak penyebab suatu daerah bisa terjadi tsunami. Salah satunya tsunami merupakan bencana alam yang dipicu oleh terjadinya erupsi gunung berapi bawah laut. Tsunami juga bisa terjadi akibat longsor bawah laut, gempa bumi bawah laut, hantaman meteor, maupun faktor kesengajaan manusia seperti letusan nuklir yang secara tidak sengaja menghantam lautan luas.

Namun demikian, semua patut waspada dan mengamati apa penyebab dan akibat yang dihasilkan. Karena, setiap kejadian terdapat beberapa tanda-tanda peringatan alam yang  terjadi sebelum bencana tsunami menerjang, seperti :

1. Getaran tanah dan ombak yang bergemuruh

Pos terkait