Lingga-Yoni Simbol Kejantanan dan Kesuburan

  • Whatsapp
Lingga-Yoni dipajang di Museum Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur.
Lingga-Yoni dipajang di Museum Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyuwangi Pedia – Museum Blambangan memiliki berbagi koleksi benda-benda bersejarah diantaranya Lingga dan Yoni peninggalan pada zaman Kerajaan Blambangan. Salah satunya adalah Lingga-Yoni.

Lingga-Yoni oleh masyarakat Jawa-Hindu di Banyuwangi digunakan untuk sarana pemujaan kepada Sang Hyang Widhi yang bermanifestasi sebagai Siwa dan Parwati.

Bacaan Lainnya

Lingga terdiri dari tiga bagian atau disebut Tribbaga. Bagian bawah berbentuk kotak (brahma bhaga) bagian tengah berbentuk segi delapan (wisnu bhaga) dan bagian atas berbentuk bulat (siwa bhaga). Sedangkan di permukaan yoni terdapat cerat sebagai ciri khasnya. Selain simbol dari Siwa dan Parwati, lingga juga merupakan simbol dari kesuburan.

Lingga merupakan simbol dari Siwa atau Dewa pemralina atau pelebur alam semesta dalam kontek Hinduisme. Benda ini terbuat dari batuan desit. Sedangkan Yoni merupakan simbol dari Parwati atau Sakti Siwa. Parwati

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Arkeolog dan edukator Museum Blambangan Bayu Ari Wibowo pada tahun 2015 Lingga -Yoni di Banyuwangi berjumlah delapan buah. Distribusinya ada di Desa Ketapang,  desa Jambewangi, Desa Kedungasri, dan Kelurahan Taman baru. (BP/Buch/Ndy)

Pos terkait