Masjid Tertua di Banyuwangi

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Kabupaten Banyuwangi memiliki sejumlah bangunan tua bersejarah. Daerah yang telah berdiri sejak 245 tahun itu juga meninggalkan cerita panjang di dalamnya.

Masjid Agung Baiturrahman dari masa ke masa. (redaksi/banyuwangipedia)

Salah satu peninggalan bangunan tertua itu yakni sebuah tempat publik yang menjadi peribadatan umat muslim. Bangunan itu berdiri tepat di jantung kota berjuluk The Sunrise of Java.

Bacaan Lainnya

Masjid Agung Baiturrahman

Ya, Masjid Agung Baiturrahman. Masjid ini berdiri sejak 7 Desember 1773. Data itu tertera pada surat wakaf dari keluarga besar Mas Alit atau Raden Tumenggung Wiraguna I, Bupati pertama Banyuwangi untuk umat Islam Banyuwangi.

Kegiatan Tadarus Alquran di dalam Masjid Agung Baiturrahman. (redaksi/banyuwangipedia)

Bangunan lama memang telah dipugar. Kini tengah berdiri megah dengan tampilan kubah menjulang tinggi bercorak biru. Ditambah menara yang berada di samping setinggi 75 meter kerap dijadikan sebagai menara pandang.

Wajah baru Masjid Agung Baiturrahman, Banyuwangi lengkap dengan menara setinggi 75 Meter. (redaksi/banyuwangipedia)

Dari tempat ini, suasana indah Banyuwangi terlihat jelas. Di sisi barat ada pemandangan gunung merapi ungup-ungup dan menjulangnya Gunung Ijen bersanding dengan Gunung Raung.

Di Timur, hamparan luas samudera Selat Bali lengkap dengan landskap Pulau Dewata. Sisi utara dan selatan, pemandangan kawasan rumah warga serta kawasan padat dan hiruk pikuk Kota Banyuwangi. (buch/ndy)

Pos terkait