Mau Jadi ASN Banyuwangi? Kalian Harus Tahu Ini

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Ini yang lagi hangat jadi perbincangan warga Bumi Blambangan. Pemda Banyuwangi telah resmi membuka ribuan formasi CPNS dan PPPK lho.

Artinya, bagi kalian putra-putri terbaik bisa berkesempatan menjadi ASN di kota ini. Kalian juga bisa pilih formasi yang sesuai dengan keinginan, paling tidak sesuai dengan kebutuhan.

Bacaan Lainnya

Tapi ingat, kalian harus yakin dulu sebelum menentukan pilihan. Terutama jangan lupa berdoa dan meminta restu orang-tua.

Simak ini formasi yang dibuka lebar buat kalian. Pemda akan merekrut total 3.937 Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021. Dari jumlah itu di antaranya Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Nah lho banyak kan?

Tapi, tahun ini kayaknya banyak peluang bagi kalian yang memang passion nya di tenaga pendidik atau guru. Tahu nggak kenapa? Karena, formasi untuk jadi guru bagi adik-adik di sekolah paling banyak.

Ini rinciannya. Total 3.624 tenaga guru dibutuhkan. Dari jumlah itu memang dikhususkan untuk formasi PPPK.

Lalu, ada rincian yang dibagi lagi. Sebanyak 764 guru untuk mengajar di Sekolah Menengah pertama (SMP), lalu 2.308 guru kelas, dan 552 guru pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) atau Olahraga di Sekolah Dasar (SD).

Mau tahu, formasi lainnya. Sebentar kalian harus sabar. Kita bahas yang di atas dulu.

Bagi kalian yang pengen jadi guru atau telah jadi guru dan mau diangkat jadi PPPK, kalian harus memiliki kompetensi di bidang itu. Misal, jelas pernah kuliah, lulus dan memiliki ijazah yang sesuai bidangnya.

Misal kalian honorer bisa juga itu jadi PPPK. Mungkin malah jadi peluang berharga jika kalian menunggu rekrutmen CPNS sampai berkarat yang tak kunjung ada. Karena lagi-lagi tahun ini Banyuwangi juga tak membuka CPNS untuk guru lho ya.

Nah sekarang bagian bahas formasi lainnya ya. Ada CPNS tenaga kesehatan yang dibuka sebanyak 115 orang. Tapi kalau memang nggak pengen jadi PNS  ada PPPK kok. Untuk tenaga kesehatan jalur PPPK dibuka 122 orang.

Sisanya, kurang lebih untuk tenaga teknis lainnya. Lowongannya sebanyak 76 formasi, yakni 41 CPNS dan 35 PPPK.

Formasi tenaga teknis di antaranya Asesor SDM, Medik Veteriner, Pekerja Sosial, Jasa Kontruksi, Penata Ruang, dan lainnya.

Secara khusus Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku memang lebih banyak membuka formasi untuk tenaga guru. Alasannya karena mungkin anak Banyuwangi agar tambah pinter pandai ya? hehehe. Apa hubungannya…

untuk tahun ini tidak ada formasi CPNS tenaga guru. Ini menjadi kesempatan bagi para guru honorer yang selama ini mengabdi. “Para tenaga honorer yang selama ini telah mengabdi bisa memiliki kesempatan besar mendapat kepastian status sebagai ASN, yakni sebagai PPPK,” tuturnya.

Jumlah formasi guru tahun ini paling banyak dibandingkan formasi lainnya karena kebutuhan tenaga guru yang sangat tinggi,  sejalan visi Pemkab Banyuwangi mencetak SDM unggul.

Lho benar kan…?? Tapi kalian kalau mau jadi guru juga harus yang benar-benar pintar dan pandai di bidang pendidikan lho ya. Jangan malas setelah jadi PPPK. Ingat tekad kalian saat masih menjadi honorer atau melihat sikap guru kalian dulu. (dri)

Pos terkait