Naskah Lontar Hadis Dagang, Ternyata Ini Isinya

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Naskah kuno penuh makna dibuka kembali oleh masyarakat adat Suku Osing. Sejak lama naskah ini seakan punah, bahkan tak akan ada yang kenal jika naskah ini masih ada.

Adalah Slamet Diharjo tokoh muda Suku Osing Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi yang memulai untuk menggagas untuk mengangkat kembali dan membawanya ke permukaan. Selama ini, belum banyak yang tahu soal naskah ini.

Bacaan Lainnya

Bahkan, baru satu keluarga yang masih meneruskan tradisi membaca naskah yang dikenal penuh sejarah ini. Satu keluarga itu berasal dari Desa Jambesari, Kecamatan Giri.

Namun, saat ini Selamet bersama pemerhati budaya Suku Osing lain memulai kembali membuka naskah yang lama terpendam itu. Naskah yang disebut adalah Lontar Hadis Dagang.

Ya, tulisan arab pegon berisi tentang cerita Nabi Muhammad SAW. Bahkan kisahnya diceritakan saat nabi berdagang sebelum ditahbiskan menjadi Rasul.

Atas dasar itu, Slamet berupaya melestarikan tradisi mocoan khususnya Lontar Hadis Dagang. Sebab selama ini, lontar tersebut sudah jarang dibaca dalam kegiatan selamatan.

“Yang rutin menggelar hanya satu keluarga di Desa Jambesari, Kecamatan Giri, Banyuwangi. Lontar itu juga menceritakan kebun yang subur. Saya baru sekarang mengadakan,” katanya. (BP/Ndy)

Pos terkait