Orang Ini Pernah Melihat Gus Dur di Alas Purwo

  • Whatsapp
Gus dur
Lukisan dari Lukman Hakim asal Kecamatan Singojuruh menggambarkan sosok Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (BP/Ndy)

Banyuwangi Pedia – Banyak cerita saat berbicara tentang Alas Purwo. Kawasan hutan alami yang berada di ujung Selatan Banyuwangi. Tak hanya warga biasa, bahkan tokoh ternama di negeri ini pernah menyinggahinya. Tak terkecuali Abdurrahman Wahid atau sering dikenal Gus Dur.

Kedatang sosok presiden ke 4 Republik Indonesia itu di Alas Purwo dikisahkan oleh seorang petugas jagawana atau petugas Balai Taman Nasional Alas Purwo.

Bacaan Lainnya

Ya, Ia bernama Tin Suto, warga Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo. Salah seorang petugas yang menasbihkan diri selama 36 tahun mengabdi dan bertugas di Alas Purwo.

“Ya, dulu Gus Dur pernah datang ke Alas Purwo,” kata Suto dalam sebuah wawancara di channel Youtube Viper Kediri beberapa waktu lalu.

Menurutnya, saat itu Gus Dur masih berusia muda. Bahkan, putra pertama pendiri Nahdlatul Ulama itu masih sehat dan melihat dengan jelas.

“Waktu itu beliau masih muda, datang bersama rombongan banyak. Saat itu beliau bisa melihat jelas. Dan masih dengan gayanya,” ucapnya.

Tidak tahu pasti apa tujuan Gus Dur datang ke Alas Purwo. Namun, Suto berujar, memang banyak tokoh yang datang. Apalagi saat musim hajatan politik.

“Ya, bukan rahasia kalau saat momen pilkada itu banyak yang datang ke Alas Purwo,” ungkapnya. (BP/Ndy)

Pos terkait