Penampakan KRI Golok di Banyuwangi

  • Whatsapp
KRI Golok
Foto KRI Golok 688 buatan Indonesia diduga sebagai pengganti KRI Klewang terbakar beberapa tahun lalu. Foto : @putut_reza

Banyuwangi Pedia – Sejumlah foto penampakan Kapal Republik Indonesia KRI Golok beredar luas di media sosial. Kapal bernomor lambung 688 itu disinyalir sebagai kapal cepat rudal pengganti KRI Klewang yang terbakar beberapa tahun silam.

Kapal ini tampak berada di sebuah industri kapal, tepatnya di PT Lundin Industry, Kelurahan Klatak, Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

Secara spesifikasi, KCR Trimaran KRI Golok 688 nantinya tidak akan jauh berbeda dari KRI Klewang 625. Sesuai data di web ptlundin.com, Kapal ini memiliki panjang 63 meter, water draft 1,2 meter, beam overall 16 meter, bobot 219 ton.

KRI Golok 688 didesain sebagai kapal siluman (stealth) canggih yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi serta mampu menembus ombak setinggi enam meter. Meski demikian secara spesifikasi khususnya persenjataan belum diketahui.

KRI Golok
Penampakan KRI Golok milik TNI AL buatan Indonesia di Banyuwangi. Foto : @putut_reza

Dari industrimiliter.com menyebutkan belum pasti apakah KRI Golok akan akan mengadopsi sistem kendali persenjataan dari CSIC dan CPMIEC (Cina), plus rudal anti kapal C-705 yang menjadi paketnya, atau kah menggunakan solusi dari luar Cina.

https://mobile.twitter.com/putut_reza

Jika sama, berarti KRI Golok akan dilengkapi dengan Rudal C-705 yang merupakan hasil kerja sama Indonesia dengan China. Rudal ini mempunyai daya jelajah hingga 120 km. Kapal perang ini juga dilengkapi rudal anti kapal, RBS-15, Penguin atau Exocet MM-40 dan senjata canon dengan kaliber 40-57mm berdaya jelajah 120 km.

Rencananya, KRI Golok akan diluncurkan besok 21 Agustus 2021 di Banyuwangi. Kapal Serangan Cepat FAC Trimaran buatan PT Lundin ini memiliki karakteristik desain siluman, dan menggabungkan fitur yang meminimalkan deteksi dari radar. (BP/Ndy)

Pos terkait