Ragam Wisata di Alas Purwo

Pantai Plengkung Alas Purwo
Sudut indah Pantai Plengkung atau G-land di Taman Nasional Alas Purwo, jika beruntung di tempat ini akan menemukan ombak yang tinggi sangat cocok untuk olahraga selancar. (BP/Ndy)

Banyuwangi Pedia – Alas Purwo, menyebut namanya pasti tidak asing di telinga. Hutan alam yang indah menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Tak salah jika wisatawan singgah ke Banyuwangi mampir sejenak ke Alas Purwo. Destinasi wisata apa saja yang siap memanjakan para travelers?

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di alas purwo Banyuwangi.

1. Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung Alas Purwo

 

Pantai plengkung merupakan sebuah pantai dengan keindahan ombak besar yang digemari oleh peselancar mancanegara. Pantai ini juga pernah dijadikan sebagai tempat diadakannya event selancar tingkat dunia. Tak heran jika wisatawan asing banyak yang berbondong-bondong untuk menikmati suasana berselancar di pantai ini.

2. Pantai Pancur

Pantai Pancur Alas Purwo
Suasana Pantai Pancur di Taman Nasional Alas Purwo. (BP/Ndy)

Sebuah pantai dengan pasir putih yang membentang panjang dan ditambah dengan keindahan bebatuan berlumut di bibir pantai. Pantai ini bisa ditemukan dekat dengan pos penjagaan resort Pancur. Pemandangan sejuk disuguhkan oleh sebuah air terjun kecil disisi lain di pantai ini dan biasa disebut pancur. Maka, tak salah jika tempat ini dinamakan pantai Pancur.

3. Savana Sadengan

Padang Savana Sadengan, Alas Purwo
Tempat melihat aktivitas kawanan hewan di Padang Savana Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo. (BP/Ndy)

Hamparan rumput yang hijau dan segar membentang luas di tempat ini. Lokasi Sadengan ini merupakan salah satu spot foto yang paling digemari oleh wisatawan. Dimanjakan dengan suasana tropis yang sejuk dan damai menambah keseruan acara berlibur pastinya. Wisatawan akan menjumpai beberapa hewan liar yang biasa berkumpul di tempat ini seperti banteng, rusa, merak, monyet dan beberapa fauna lain.

4. Pura Luhur Giri Salaka

Situs Kawitan Alas Purwo
Situs Kawitan di Taman Nasional Alas Purwo konon menjadi titik awal penemuan situs ataupun peninggalan jaman dahulu yang kini menjadi tempat suci Umat Hindu. (BP/Ndy)

Salah satu destinasi wisata edukasi lain yang ada di Alas Purwo yaitu sebuah pura peribadatan umat hindu masyarakat sekitar maupun daerah lain seperti Bali. Pura ini adalah salah satu Situs Kawitan atau bersejarah yang ada di Alas Purwo.

Selain untuk digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu, pada waktu tertentu juga selalu digunakan sebagai tempat pagelaran adat keagamaan yang dinamakan Pager wesi.

Masih banyak tempat wisata lain yang bisa kalian kunjungi ketika ke Alas Purwo seperti goa istana yang biasa dikunjungi dengan latar belakang spiritual. Buruan lengkapi rencana perjalanan kalian buat eksplore Banyuwangi khususnya Alas Purwo. (***)