Ratusan Sapi Banyuwangi Dapat Injeksi Vitamin

  • Whatsapp
Banyuwangi
Ratusan sapi di Kelurahan Papring, Kecamatan Kalipuro, mendapat layanan kesehatan dari Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi. (BP/Buch)

Banyuwangi Pedia – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menggelar layanan kesehatan hewan ternak. Kali ini, layanan menyasar ternak di Lingkungan Papring Kalipuro, Banyuwangi.

Antusias warga yang memiliki hewan ternak sangat tinggi, mereka berbondong-bondong menarik sapinya untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis.

Bacaan Lainnya

Nanang Sugiharto, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi mengatakan, layanan yang diberikan merupakan layanan kesehatan hewan secara umum. “Kita berikan injeksi vitamin, obat cacing karena ada daerah yang endemis cacing hati, sedangkan sapi yang hamil kita kasih mineral,” jelas Nanang, Rabu (8/9/2021).

Nanang menyebut, layanan kesehatan hewan tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap setahun sekali. Pada tahun 2021 target layanan kejadian penyakit adalah 5 persen dari total populasi sapi di Banyuwangi yang mencapai sekitar 142 ribu ekor, atau sekitar 8 ribu ekor.

“Hingga saat ini sudah sekitar 6 ribu ekor yang terlayani,” terangnya.

Baca juga : Layanan Vaksinasi Hewan Peliharaan

Kegiatan layanan itu juga masih akan berlanjut ke 10 kecamatan lain. Semua layanan serupa ini harus selesai pada tahun ini.

“Dengan adanya layanan rutin itu diharapakan dapat menjaga kesehatan sehingga sapi dapat berproduksi secara maksimal,” tutupnya. (BP/Buch)

Pos terkait