Rumah Aman Gempa di Banyuwangi

  • Whatsapp
Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI mengenalkan pemodelan rumah tahan gempa di Mojo Panggung, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/5/2021). Rumah pemodelan yang dibagun menggunakan sistem Retofitting dengan cara menguatkan pilar rumah dan atap yang ringan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) itu, sebagai proyek percontohan rumah hunian tahan gempa untuk kesiapsiagaan bencana karena daerah tersebut masuk kedalam zona megatrusht.
Rumah di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Glagah, Banyuwangi ini menjadi percontohan rumah aman gempa. Rumah ini direnovasi dengan sistem dan teknik tertentu yang menguatkan dan aman oleh Palang Merah Indonesia (PMI).
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menunjukkan denah dan rencana bangunan sebelum dan sesudah direnovasi menjadi percontohan rumah aman gempa.
Gambar denah dan rencana kontruksi percontohan rumah aman gempa milik Muhlis di Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Glagah terperinci mulai dari bahan dan siteplane rumah sebelum direnovasi.

Pos terkait