Sehari Belanja ke Pasar Banyuwangi Habisnya Segini

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Tak salah program baru Banyuwangi hari belanja ke pasar dan UMKM dapat sambutan luar biasa oleh masyarakat. Selain menggerakkan roda ekonomi, nilai transaksinya juga lumayan tinggi.

Dalam sehari, total uang yang berputar di satu pasar bisa mencapai ratusan juta.

Bacaan Lainnya

“Transaksinya alhamdulillah ratusan juta. Pada edisi sebelumnya sudah terakumulasi Rp740 juta. Kita harapkan dari hari ke hari bisa terus naik,” ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (6/6/2021).

Tentunya hal ini menjadi langkah baik bagi Banyuwangi. Apalagi, di tengah kondisi ekonomi yang masih terpuruk akibat pandemi yang belum berakhir.

“Syaratnya, siapa saja yang ikut gerakan ini wajib memfoto nota dan kwitansi ya kemudian diupload pada aplikasi yang kita disediakan,” katanya.

Menariknya, gerakan belanja ke pasar dan UMKM ini juga menjadi kesempatan bagi Pemda Banyuwangi. Salah satunya memanfaatkan untuk sosialisasi transaksi digital menggunakan QR code bagi pedagang-pedagang pasar.

“Ternyata lebih cepat, aman, dan mudah. Gak ribet,” ujar Kurniyawati, salah satu penjual sandal di Pasar Kalibaru setelah mengenal model transaksi non tuani tersebut.

Banyak yang berharap program belanja ke pasar dapat berjalan berkelanjutan. Sehingga banyak memberi manfaat bagi warga.

“Langganan saya itu kan pedagang kopi, namun karena omset mereka turun, belanja di pasar juga berkurang. Semoga dengan program ini bisa mendorong warga lain berbelanja di pasar-pasar tradisional,” kata Indah. (dri)

Pos terkait