Serbuan Vaksinasi Bersama Pangdivif 2 Kostrad di Banyuwangi

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad bersama Ses Tama Bais TNI Marsda TNI Jemi Trisonjaya dan Dir E Bais TNI Brigjen TNI Rudi Rachmat tiba di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran.

Kedatangannya secara khusus yakni untuk melihat langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi di daerah tersebut. Kegiatan vaksin ini merupakan kerjasama antara BAIS TNI dan PT BSI, hal ini merupakan suatu kegiatan yg sangat positif untuk warga.

Bacaan Lainnya

Tujuannya, dalam rangka memutus penyebaran mata rantai penularan Covid-19. Sebanyak 2500 orang menjadi target dalam vaksinasi kali ini.

“Tempat dan waktu kegiatan vaksinasi Covid-19 dibagi beberapa lokasi. Pertama di SMP PGRI Desa Kandangan jumlah 1.000 orang dari 2 desa, antara lain Desa Sarongan 500 orang, Kandangan 500 orang,”

“Kemudian hari berikutnya pada Selasa 10 Agustus 2021 bertempat di Balai Desa Sumbermulyo jumlah 1.500 orang terdiri dari 3 Desa antara lain Desa Sumberagung 500 orang, Desa Sumbermulyo 500 orang, Desa Pesanggaran 500 orang,” jelas Pangdivif 2 Kostrad Malang, Mayjen TNI Andi Muhammad, Rabu (11/8/2021).

Mayjen Andi Muhammad menyampaikan antusiasme warga dalam pelaksanaan vaksinasi cukup tinggi. Sehingga diharapkan agar dapat membantu kekebalan kelompok atau herd immunity yang lebih luas.

“Saya ucapkan terima kasih atas pelaksanaan vaksin hari ini baik warga masyarakat yang antusias serta instansi terkait guna suksesnya pelaksanaan serbuan vaksin ini yg merupakan program pemerintah untuk pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan pandemi Covid 19 adalah tanggung jawab bersama. Sehingga dalam melaksanakan pencegahan penyebarannya harus dilakukan secara bersama-sama.

“Untuk itu diharapkan agar warga masyarakat memahami dan mengerti di mana vaksin ini untuk kesehatan,” ungkap Yuli.

Yuli menyebut, saat ini pihaknya tengah intensif melakukan percepatan vaksinasi bagi warga. Tujuannya agar target herd immunity segera tercapai.

“Vaksinasi program pemerintah bila sudah mencapai 60 persen maka diharapkan bisa memutus penyebaran Covid-19. Bahkan saat ini virus ini sudah bermutasi dengan nama delta yang mana penyebarannya sangat cepat,” ujar pria asal Semarang ini.

Sementara itu, pihak panitia memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan tertib. Kehadiran peserta vaksin sesuai nomor urut dan waktu yang sudah diberikan berdasarkan undangan yang dikirimkan.

Proses vaksinasi dimulai dari pendataan atau registrasi, pengecekan suhu dan tensi darah bagi masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi.

Petugas pelaksanaan Vaksinasi antara lain tenaga PCAR 33 orang, Tenaga kesehatan dari PT. BSI sebanyak 24 orang, Nakes dari Kostrad 9 orang, Nakes Denkesyah Polkes Banyuwangi 2 orang.

Unsur pengamanan dari Koramil 0825/11 Pesanggaran 12 orang, anggota Subdenpom Banyuwangi 3 orang, Satpol PP 4 Orang, Security PT. BSI dan Linmas 10 Orang.

“Saya selaku Danramil Pesanggaran mengucapkan banyak terima kasih atas pelaksanaan vaksin bagi warga kami, diharapkan dg kegiatan serbuan vaksin ini bisa membuat warga sehat sehingga bisa memutus penyebaran covid-19,” terang Danramil Pesanggaran, Kapten Kav Makali. (BP/Ndy)

Pos terkait