Takut Kalah dengan Malaysia, Liga 1 Bergulir 27 Agustus

  • Whatsapp
Ketua PSSI M. Iriawan, Foto @pssi

Banyuwangi Pedia – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya membuka informasi bergulirnya kompetisi Liga 1. Dalam keterangan pers nya, Ketua PSSI M. Iriawan menyebut, Liga 1 akan bergulir pada 27 Agustus 2021.

Pertandingan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena bergulir di tengah situasi pandemi Covid 19. PSSI juga setuju untuk mengikuti peraturan yang ditetapkan pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Semestinya Liga 1 bergulir pada 20 Agustus, tapi karena pemerintah meminta untuk tanggal 27, kami pun ikut pemerintah,” jelas Ketua PSSI M. Iriawan, Kamis (12/8/2021).

Iriawan menyebut, setelah kompetisi Liga 1 bergulir, kemudian Liga 2 akan mengikuti. Setidaknya dua minggu setelah Liga 1 berjalan.

“Setelah itu kita akan putar Liga 2, biasanya setelah 14 hari setelah Liga 1,” ujarnya.

Pihaknya memastikan, seluruh pertandingan yang digelar tanpa ada penonton atau supporter yang datang di stadion. Bahkan, seluruh pemain juga dipastikan telah melalui sejumlah screening pencegahan Covid 19.

“Tidak ada penonton, di dalam maksimal 99 orang full mulai pemain, official, dan wartawan,” ujarnya.

Iriawan menegaskan kepastian bergulirnya Liga 1 menjadi tolak ukur kesuksesan sepakbola di Indonesia. Pihaknya juga ingin mengulang kesuksesan pertandingan piala Menpora yang berjalan aman meski di tengah pandemi.

“Sudah dilakukan saat di Menpora dan berjalan aman. Meskipun saya bolak-balik masuk ke stadion, tapi setiap kali harus diswab, mohon bagi siapa saja tang datang harus diswab,”

“Bahkan, antigen juga kita lakukan terus menerus kepada pemain dan official yang ada. Biasanya kita lakukan sejak pukul 9 pagi udah kita lakukan itu. Karema kita mau pastikan tidak ada klaster baru di sepakbola,” tegasnya.

Mantan anggota Polri ini menyebut, sepakbola Indonesia harus bisa menunjukkan kepada dunia. Jangan sampai kalah oleh negara lain.

“Jangan kalah sama negara di luar sana. Masak kita kalah sama Malaysia, buktinya Malaysia bukan tidak ada Covid tapi bisa melakukan padahal jumlah penduduknya hanya 50 juta jiwa, kita yang 270 juta lebih masak nggak bisa, Vietnam, Myanmar, bisa melakukan itu,” terangnya.

Sejak gelaran piala Menpora, PSSI terus melakukan evaluasi hari perhari. Baik melalui Federasi maupun hotel tempat pemain semua mengikuti.

“Mari bersama semoga Liga 1 maupun liga 2 bisa sesuai harapan. Terima kasih, mari bersama memajukan sepak bola yang kita cintai, kita tunjukkan ke dunia Indonesia Bisa,” pungkasnya.

Jika tanpa penundaan, rencananya Liga 1 akan bergulir 27 Agustus sampai Maret 2022. (BP/Ndy).

Pos terkait