Tempat Menikmati Suasana Sunrise Di Banyuwangi

Banyuwangi Pedia – Kabupaten Banyuwangi memiliki beragam cara untuk menikmati destinasi wisata alamnya. Salah satunya adalah menikmati suasana sunrise atau matahari terbit.

Konon, matahari terbit di daerah ini cukup indah. Tidak salah jika daerah di ujung timur Pulau Jawa ini mendapat julukan The Sunrise of Java dari kalangan wisatawan yang datang.

Bacaan Lainnya

Penamaan itu bukan tanpa alasan. Karena, Banyuwangi menjadi daerah yang mendapat sinar matahari pertama kali di Pulau Jawa.

Berikut 3 lokasi yang bisa dijadikan referensi untuk menikmati hangatnya sinar matahari pertama dari Kota Gandrung.

1. Pantai Boom Marina

Wisatawan menikmati suasana matahari terbit (sunrise) di Pantai Boom Marina, Banyuwangi.

Pantai yang terletak di pinggir Kota Banyuwangi ini sudah banyak perubahan dibandingkan 5 tahun yang lalu. Kondisi itu seiring dibangunnya dermaga kapal Yacth (kapal pesiar) yang menjadikan kawasan semakin eksotis.

2. Pulau Santen

Wisatawan menikmati suasana matahari terbit di Pulau Santen, Banyuwangi.

Pulau Santen merupakan pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai, lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi.

Di tempat ini selain menawarkan keindahan pohon santen, hutan mangrove, juga aktivitas nelayan tradisional menarik jaring yang dapat dijadikan for ground foto.

3. Puncak Gunung Ijen

Suasana matahari terbit di puncak Gunung ijen, Banyuwangi

Ini cara beda menikmati suasana matahari terbit di Banyuwangi. Kali ini wisatawan bisa melihat sunrise dari ketinggian puncak Gunung Ijen.

Suasana matahari terbit menjadi alternatif menikmati pemandangan diketinggian 2.799 Mdpl ini menjadi semakin lengkap. Lokasi ini menawarkan lanskap berupa hamparan hutan Gunung Merapi Ungup-ungup dan perairan laut Selat Bali.

Tapi, wisatawan harus mengeluarkan effort untuk menuju lokasi. Mereka harus berjalan kaki sekitar 2 jam dari Pos Paltuding melewati kaldera Kawah Ijen.

Namun usaha itu tidak akan sia-sia saat melihat indahnya view yang sukar dilewatkan.