Tips Mengantisipasi Gempa Bumi

  • Whatsapp
Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI mengarahkan warga ke titik kumpul pada simulasi evakuasi mandiri bencana gempa bumi di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (20/12/2020). Simulasi itu dilakukan untuk peningkatan kapasitas program kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam merespon potensi bencana gempa bumi guna mengurangi resiko dampak yang ditimbulkan.

Banyuwangi Pedia – Sebagai negara yang berada di daerah Cincin Api Pasifik (Ring of Fire), Indonesia tidak akan lepas dari ancaman gempa bumi.

Posisi Indonesia berada di daerah ‘tapal kuda’ sepanjang 40.000 km yang sering mengalami gempa bumi  dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini.

Bacaan Lainnya

Lantas untuk mengantisipasi itu apa yang perlu dipersiapkan?

Pertama, Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempabumi, longsor, liquefaction dan lain sebagainya. Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi

Kedua, Kenali tempat anda berada, Perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempabumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung, belajar melakukan P3K, belajar menggunakan alat pemadam kebakaran serta catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

 

Ketiga, Mendesain tata ruang dalam rumah mulai dari perabotan  seperti lemari, cabinet dan lainya diatur menempel pada dinding dipaku atau diikat untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

Keempat Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah, cek kestabilan benda tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.

Kelima, siapkan perlengkapan kotak P3K,senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Dengan mempersiapkan itu, kemungkinan terburuk saat terjadi gempa bumi dapat diminimalisir.

Bila ada tips lain, kalian bisa menambahkan di kolom komentar ya agar kita semua dapat meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi gempa bumi sewaktu-waktu.

Pos terkait