Unik, Tanggal Cantik Jadi Gerakan Baru Banyuwangi

  • Whatsapp

Banyuwangi Pedia – Banyak warga yang mengidamkan tanggal cantik menjadi sebuah tanda. Baik tanda sebuah kegiatan maupun tanda lain yang paling berharga dalam hidupnya.

Begitu juga dengan Banyuwangi. Bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mencoba memilih tanggal cantik dalam setiap bulan menjadi gerakan baru.

Bacaan Lainnya

Paling baru adalah gerakan belanja ke pasar. Tanggal yang dipilih adalah 6 dan 6. Maksudnya, tanggal 6 di bulan ke 6 atau Juni.

Kali ini, gerakan belanja ke pasar menyasar kecamatan di ujung barat Banyuwangi. Pasar yang dituju adalah pasar tradisional Kalibaru.

Tujuan adanya gerakan atau hari belanja ke pasar dan UMKM ini tidak lain untuk membantu pemulihan ekonomi lokal. Gerakan ini diikuti ribuan ASN, BUMN, BUMD, swasta, dan berbagai komunitas.

“Di setiap bulan “tanggal cantik”, seperti hari ini 6 Juni 2021 (6/6), ribuan orang berbelanja ke pasar dan gerai UMKM. Sebelumnya, gerakan serupa digelar 4 April (4/4) dan 5 Mei (5/5),” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (6/6/2021).

Uniknya lagi, Ipuk juga mewajibkan  setiap yang ikut gerakan belanja ini untuk mengunggah nota dan foto pembelian melalui formulir online yang telah disiapkan pemerintah daerah.

”Transaksinya alhamdulillah ratusan juta. Pada edisi sebelumnya sudah terakumulasi Rp740 juta. Kita harapkan dari hari ke hari bisa terus naik,” terangnya. (dri)

Pos terkait