Untung Hermawan, Sepotong Bambu Jadi Jutawan

  • Whatsapp
Sepotong bambu
Untung Hermawan saat mengerjakan desain songkok bambu di rumahnya di Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. (BP/ Ndy)

Banyuwangi Pedia – Siapa sangka dari sepotong bambu mengantar orang menjadi jutawan? Ya, Untung Hermawan pria asal Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari akan bercerita tentang fakta itu.

Untung Hermawan adalah seorang perajin bambu asal desa setempat. Beberapa tahun terakhir menjadi pioner untuk pengembangan kerajinan bambu di daerahnya bahkan daerah lain di Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

Melalui sepotong bambu, dapat, menghasilkan beraneka hasil karya. Sepotong bambu yang tak berharga diubahnya menjadi potongan karya yang luar biasa.

Bahkan dari sepotong bambu bisa menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Tidak percaya, patut membuktikannya.

Satu potong bambu, kata Untung, dapat dijadikan berbagai macam karya atau olahan kreativitas. Seperti yang dicontohkan, bambu bisa menjadi songkok atau kopyah.

Bambu juga bisa jadi barang berharga lainnya, seperti kap lampu, tas, hingga frame kaca. Jadi tidak hanya melulu untuk bangunan rumah yang juga tak kalah pentingnya.

Ia bercerita, kreativitas tidak boleh luntur hanya dengan adanya keterbatasan. Untung mencontohkan, satu pohon bambu yang dibeli Rp 20.000 jika diolah seadanya tidak akan bernilai atau menghasilkan keuntungan berlipat.

Tapi, kreativitas memaksa seseorang untuk berbuat lebih. Hasilnya, satu pohon atau satu potong bambu bisa menghasilkan hingga Rp 1 juta.

“Memang unik bambu itu, tergantung bagaimana pengolahan. Saya asumsikan satu batang pohon seharga Rp 20.000 bisa menghasilkan Rp 1 juta,” Cerita Untung, kepasa BanyuwangiPedia.com, Rabu (8/9/2021).

Meski demikian, lanjut Untung, untuk menjadikan satu potong bambu menjadi jutaan memang tak mudah. Perlu manajemen industri yang teliti dan matang. Seperti melibatkan banyak orang hingga menjadi bentuk kreativitas yang jempolan.

Pos terkait