Wow, Bunga Matahari Jadi Primadona Warga Banyuwangi

Bunga matahari
Hamparan tanaman bunga matahari di lahan persawahan milik petani di Desa Sumberkencono, Kecamatan Wongsorejo. (BP/Ndy)

Banyuwangi Pedia – Warga Banyuwangi makin tergila-gila dengan tanaman bunga matahari. Banyak lokasi menjadi lokasi penanam bunga ini.

Selain menawarkan pemandangan indah, bunga matahari juga menjanjikan ekonomi bagi para petani. Karena, biji bunga matahari ini ternyata memiliki nilai ekonomi yang lumayan menggiurkan. Sehingga tak sedikit petani di Banyuwangi yang mulai beralih menanam bunga matahari ini.

Bacaan Lainnya

Munculnya tanaman bunga matahari di kebun maupun persawahan milik warga kian menjadi perhatian. Tak ayal, para warganet memanfaatkan pemandangan indah itu sebagai background maupun foreground swafoto mereka.

Tak butuh waktu lama, foto indah nan cantik memenuhi laman sosial media instagram maupun facebok milik warga Banyuwangi.

Sontak melalui media sosial, hamparan bunga matahari seolah menjadi objek wisata baru di Banyuwangi. Kebun bunga yang viral ini banyak dijumpai di Desa Sumberkencono, Kecamatan Wongsorejo.

Kebun bunga matahari ini merupakan hasil budidaya petani setempat pada lahan luasan 7.500 meter persegi. Pada bulan ini, umur bunga matahari yang ada di Wongsorejo sudah berumur 60 hari dan saat ini sedang musimnya bunga matahari mekar dengan bagus.

Ilham Juanda selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, mengatakan sedang gencar melakukan budidaya bunga matahari.

Selain di Kecamatan Wongsorejo, Petani yang kini tertarik melakukan budidaya bunga matahari ada di empat kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Tegaldlimo, Cluring, Srono dan Wongsorejo.

Di Tegaldlimo terdapat tanaman bunga matahari seluas 4 Hektare, Cluring 0,7 Hektare dan Srono 0,25 Hektare.

“Namun, yang viral saat ini ada Sumberkencono, Wongsorejo,” kata Ilham.

Selain menghasilkan, kebun budidaya bunga matahari ini juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Paling penting, keberadaan bunga matahari mampu menjanjikan ekonomi bagi para petani. (BP/Ndy/Len)